17 May 2018

TULISAN : Ternyata Dia Kepala Puskesmas

Masih teringat DAA Smart Di Dusun Kalindapu Desa Tampaure minggu, 13 Mei 2018 kemarin, ada sebuah kenangan yang sangat mengesangkan sampai pada diskusi dipuskesmas Rabu,16 Mei 2018 yang kalau di ingat-ingat akan mengundang senyum dan tawa, bahagia bercampur rasa tidak percaya bahwa dialah orangnya ?
Apa itu ? yah siapa lagi kalau bukan kepala Puskesmas Bambaira yang murah senyum dan orangnya cepat banget akrab dengan para pasiennya. ko bisa dia mengesangkan bagimu ?
Jawabannya gini, sebelumnya saya datang ke puskesmas pada tanggal 10 Mei 2018.dalam rangka untuk diskusi mengenai program unggulan Bupati Pasangkayu tentang DAA Smart.
Ketika saya masuk dalam puskesmas saya bertanya di bagian loket, Mbak dimana saya bisa diskusi yang membidani masalah DAA Smart, Terus tiba-tiba di samping saya ada yang menjawab bisa dengan saya kalau bertanya masalah program itu.
Saya langsung senyum karna mungkin inilah Ibu yang bertanggung jawab soal DAA Smart, saya pun mengajukan pertanyaan boleh sekarang diskusi, tapi sebelum Ibu itu menjawab malah dia bertanya dari mana Nak, sontak saya katakan saya dari pendamping BAPPEDA, Ibu itu kemudian jawab pertanyaan tadi, Nak besok lah diskusinya karna hari ini ingin rapat semua jajaran pegawai di lingkungan puskesmas.
Sebenarnya hari itu ingin sekali diskusi tapi apalah daya karna ada rapat, tapi dalam fikirku dimana yah kepala puskemasnya ko tidak muncul. Karna setauku kepala puskesmas itu Bapak...aduh siapa yah namanya ? Lupa saya namanya.
Tapi tampa lama-lama berfikir saya pamit pulang kepada Ibu di samping tadi bahwa besok lah saya datang diskusi. 
Esok harinya Jumat,11 Mei 2018 jadwal padat sehingga tidak memungkinkan hadir untuk diskusi.
Tiba saatnya kegiatan Minggu,13 Mei 2018 DAA Smart terlaksana di dusun kalindapu saya pun menghadiri beberapa rangkaian agendanya yaitu sosialisaai kesehatan bahkan menyaksikan langsung praktek tentang tata cara membersihkan tangan dari kotoran dengan cara mencuci dengan sabun dan masih banyak lagi kegiatan soal kesehatan.
Dalam proses kegiatan itu saya di hampiri Ibu yang sebelumnya ketemu di Puskesmas sambil menyapa, kenapa tidak hadir di hari itu padahal katanya dia menunggu untuk diskusi, sontak saya menjawabnya saya sibuk Bu. Saya pun meminta maav karna tidak sempat hadir.
Lanjut cerita saya kembali dari kegiatan DAA Smart, selang beberapa hari yaitu pada hari Rabu,16 Mei 2018 saya sudah agendakan untuk datang diskusi ke puskesmas. 
Setibanya di Puskesmas saya langsung di arahkan pegawai untuk ke ruangan Bidan yang menangani Desa Bambaira dan Desa Tampaure , kebetulan dalam ruangan itu ternyata si Ibu itu di dalam. Sontak saya senyum alhamdulillah ketemu kembali.
Dalam ruangan kami bertiga dengan Bidan dan Si Ibu itu, saya belum tau namanya makanya masih panggil namanya si Ibu hehehe
Sambil membuka obrolan saya perkenalkan kembali maksud dan tujuan datang sehingga mereka paham tentang pertanyaan-pertenyaan saya, Bidan dan Ibu tersebut dengan senang hati memberi informasi yang memang di butuhkan dalam pekerjaan saya sebagai pendamping.
Kurang lebih sejam diskusi suasana agak bersahabat karna ternyata Ibu itu murah senyum dan suka bercanda, justru dengan suasana itu saya malah senang karna membuat saya lebih santai dan rileks, maklum saya orangnya gugupan.
Dalam diskusi tiba-tiba Ibu itu meninggalkan kami berdua sehingga saya banyak bertanya ke Ibu Bidan. saya sampaikan Ibu Bidan bisa ngak minta ambil gambar sebagai dokumentasi, Ibu Bidan bilang bisa tapi sebelum pengambilan gambar bagusnya tadi ada kepala puskesmas. Sontak saya bertanya-tanya? Kepala Puskesmas yang mana sih karna dari tadi saya tidak melihatnya.
Beberapa menit kemudian si Ibu itu muncul lagi dan Ibu Bidan bilang ini baru bagus kalau ambil gambar karna kepala puskesmas sudah ada.
Haaaaaa..saya keheranan dan kaget ternyata ini kepala puskesmas yah..si Ibu itu yang kemarin-kemarin ketemu ternyata nomor satunya puskesmas bambaira.
Sontak saya salaman dan sampaikan bahwa saya baru tau kalau Ibu itu ternyata kepala puskesmasnya hehe
Heran karna pribadinya yang sederhana, murah senyum, peramah, cepat akrab dengan pasien dan dekat banget dengan para pegawai puskesmas ternyata inilah pimpinan puskesmas.
Hanya bisa berucap bangga bisa kenal Ibu dan ternyata namanya Ibu *ANITA* tapi sapaanya  *ITHA* (saharuddin)