17 September 2018

Plt Bappeda Dorong Petani Manfaatkan Pekarangan Rumah


PASANGKAYU - Plt  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Peneletian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Pasangkayu, Arhamuddin, SE MAP, meninjau lokasi lahan pertanian pekarangan dan rumah holistik literasi, yang dikembangkan oleh Amiruddin Ainun di Desa Letawa Kecamatan Sarjo, Sabtu 15 September 2018.

Arhamuddin, yang didampingi oleh Kasubid Ekososbud Bappeda Litbang Pasangkayu, Syahril Lahamada, melihat langsung kondisi terkini pemanfaatkan pekarangan rumahan yang sudah diterapkan oleh Amiruddin Ainun.
Arhamuddin, menilai apa yang sudah dilakukan Amiruddun Ainun, di daerahnya adalah sebuah terobosan baru yang perlu didorong oleh semua pihak dalam pengembangannya.
“Setelah kami melihat-lihat apa yang dilakukan Amiruddun Ainun ini, kami anggap sesuatu yang luar biasa yang justru kita harus dorong karena ternyata di masyarakat itu mempunyai potensi yang sangat banyak termasuk lahan-lahan pekarangan yang selama ini tidak berfungsi,” katanya.
Menurutnya dengan pola yang sudah diterapkan oleh Amiruddun Ainun,  tentunya dapat memanfaatkan pekarangan serta mendorong masyarakat membuka pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga  untuk bisa menambah nila ekonomi rumah tangga,” jelasnya.
Olehnya itu, Plt Kepala Bappeda Arhamuddin, sangat berharap kepada para petani agar dapat mempersiapkan diri untuk bertani dengan pola perubahan cara berpikir dari pengetahuannya tentang masalah pertanian dimana bahwa petani ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
“Sehingga pada saat dia bertani betul-betul bisa menghasilkan, hasil yang maksimal dengan pola mandiri,” urainya.
Menurutnya di masyarakat khususnya di Kabupaten Pasangkayu, sangat banyak sekali ditemukan potensi-potensi, baik itu potensi lahan yang subur dan bahan yang mendukung pertanian.
“Semua ada di masyarakat, tinggal yang dibutuhkan di masyarakat ini adalah pengetahuan dan semangatnya untuk bertani dengan baik,” begitu, kata Alumni STIE Palu itu. (bm)