14 September 2019

Tinjau Pengolahan Kelapa Sawit di PT Pasangkayu, Bupati : Kita Mampu Ekspor ke Luar Negeri


Pasangkayu, Beritamatra  - Rombongan Bupati Pasangkayu Ir. H. Agus Ambo Djiwa, M.P melakukan kunjungan kerja ke wilayah area perusahaan perkebunan kelapa sawit yaitu PT. Pasangkayu anak perusahaan PT. Astra Agro Lestari Tbk (PT. AAL) Group area Celebes 1 (C1) yang terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (14/9/2019).

Kunjungan Bupati beserta rombongan disambut langsung oleh Community Development Area Manager (CDAM) PT. AAL Teguh Ali Musiaji, bersama Administratur (ADM) PT. Pasangkayu Ir. Djoniadi, Community Development Officer (CDO) PT. Pasangkayu Offier Paath, dan sejumlah Asisten PT. Pasangkayu, di Kantor induk PT. Pasangkayu. 

Dalam kunjungan tersebut Bupati  untuk meninjau langsung proses pengolahan kelapa sawit hingga menjadi minyak sawit Crude Palm Oil (CPO).

Selesai melihat kondisi pabrik dan cara proses pengolahan di dalam area pabrik, bupati beserta rombongan CDAM Area C1, ADM PT.  Pasangkayu dan Kepala Pabrik PT.  Pasangkayu Made Ari, keliling dan melihat proses pengolahan kelapa sawit didalam area tersebut, bupati berserta rombongan dan Manajemen Perusahaan PT. Pasangkayu langsung  menuju ke Mess tamu PT. Pasangkayu beristirahat dan makan  siang.

Dan diselah-selah waktu Administratur PT. Pasangkayu Djoniadi, Berbincang-bincang   menceritakan secara singkat, dengan Bupati Ir. H. Agus Ambo jiwa mengenai proses tanaman kelapa sawit mulai dari pembibitan, perawatan, panen hingga masuk ke pabrik untuk diolah sampai menghasilkan produk minyak sawit yang namanya Crude Palm Oil( CPO) Dan Palm Kernel Oil ( PKO).

"Inilah yang diproses lebih lanjut lagi di pabrik reveneri di PT. Tanjung Saran Lestari (TSL) Tbk yang berada di kabupaten Pasangkayu" ujarnya.

Lanjut ADM, kita juga mengembangkan perkebunan masyarakat sebagai bentuk Income Generating Activity (IGA) kita. Dari masyarakat kita bantu untuk mendapatkan bibit, kita bantu dalam pemberian penyuluhan teknis untuk bisa mendapat hasil kebun kelapa sawit yang bagus. 

"Selain itu kita juga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah pasangkayu untuk membina masyarakat sehinggah bisa membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar bisa lebih baik" jelasnya.

Bupati juga turut menyampaikan bahwa perkebunan kelapa sawit yang ada di daerah Pasangkayu ini adalah komoditas unggulan bagi para petani. 

"Bahkan kita patut berbangga karena di daerah Pasangkayu ini terdapat pabrik pengolahan minyak CPO yang ada di PT. TSL dimana daerah-daerah lain juga mengirimkan minyak sawitnya ke PT. TSL" ujar Bupati.

"Kita juga sudah mampu mengekspor produk CPO keluar negeri melalui PT. TSL, dimana tiap waktunya puluhan kapal bersandar di dermaga Tanjung bakau PT. TSL untuk melakukan bongkar muat minyak CPO" jelasnya.

Lanjut Bupati, untuk tetap menstabilkan penghasilan masyarakat kabupaten Pasangkayu terutama yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, pada saat masyarakat melakukan peremajaan/replanting tanaman sawit yang bisa mengurangi pendapatan masyarakat kami pemerintah memberikan bantuan berupa bibit tanaman jagung untuk tanaman jangka pendek.

"Selain itu kami Pemerintah juga memberikan bantuan kemasyarakat berupa ternak, seperti sapi dan ayam untuk bisa memperbaiki perekonomian masyarakat Pasangkayu" kata Bupati. (**/RD)

No comments: