15 March 2019

Kawal Pemilu Tanpa Kecurangan, Bawaslu Gelar Diskusi Publik


Pasangkayu - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu)  yang akan dihelat dalam beberapa waktu kedepan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasangkayu menggelar Diskusi Publik yang berlangsung di Cafe Fams Pasangkayu, Sabtu 16 Maret 2019.
Diskusi publik yang melibatkan beberapa unsur pimpinan Partai Politik (Parpol) itu, mengangkat tema " Mengawal Pemilu Tahun 2019 Tanpa Kecurangan" bersama rakyat awasi Pemilu bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu.
Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, Ardi Trisandi, mengatakan diskusi publik  dimaksudkan agar semua pihak dapat memberikan sumbangsi atau informasi sehingga Bawaslu dapat melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap potensi-potensi pelanggaran Pemilu tahun ini.
"Sehingga dengan itu kami di Bawaslu bisa memastikan agar Pemilu bisa aman dan damai," katanya.
Menurutnya pemilu tanpa kecurangan tentunya akan menimbulkan ketertiban, dan kedamaian dalam suatu proses pemilihan yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.
"Makanya kordinasi dalam kemitraan perlu kita lakukan sehingga kita bisa meyakini dalam Pemilu 2019 bisa menghasilakan yang bermartabat," harapnya.
Dikatakan bahwa ada tahapan yang bisa saja berpotensi kerawanan dalam Pemilu, yakni pada tahapan kampanye rapat umum dan tahapan pemungutan suara.


"Dasar pengamatan potensi yakni adanya keterlibatan yang dilarang ikut dalam kampanye akbar atau umum," urainya.
Ditambahkan bahwa dari 12 Kecamatan Bawaslu hanya memiliki pengawas dalam 1 TPS sehingga Bawaslu tidak bisa mengkafer secara utuh.
"Olehnya itu diharapkan kepada semua pihak untuk dapat memberikan informasi-informasi tentang hal-hal kepada petugas di TPS," tandasnya.

Dalam diskusi publik itu, selain dihadiri dari pimpinan Parpol juga dihadiri Wakapolres Mamuju Utara Jufri Hamid S.Sos, dan beberapa pihak pemantau penyelanggara dan Pengawas Pemilu.  (Jan/gi)

No comments: