25 March 2019

Panwaslucam Duripoku Melantik 14 Pengawas TPS


Pasangkayu, Beritamatra – Mejelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di tingkat Kecamatan Duripoku, terus melakukan persipan, salah satunya dengan melantik 14 orang anggota pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah yang dibarengi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas TPS se Kecamatan Duripoku, pada Pemilu DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, yang di aula Kecamatan Duripoku, Senin 25 Maret 2019.

Berdasarkan pantauan dalam prosesi pelantikan ke-14 Pengawas TPS ini, selain dilantik dan diambil sumpahnya juga dilakukan penandatanganan fakta Integritas, yang disaksikan langsung oleh Camat Duripoku, Elsi SE MAP.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Achmad, SE, menghimbau kepada para pengawas yang baru saja dilantik agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai yang tertuang dalam aturan yang berlaku.

“Kepada semua Pengawas TPS kami berharap agar menjalankan tugas dan tanggung jawab serta wewenangnya selama proses Pemilu ini berlangsung,” imbuhnya.


Dikatakan bahwa seluruh perangkat Bawaslu dari tingkat Kabupaten sampai di tingkat pengawas TPS Netralitas dan Integritas selaku pengawas pemilu harus dikedepankan agar Pemilu di Pasangkayu berjalan dengan baik sesuai harapan.

“Jadi Pengawas Pemilu ditingkat TPS harus netral,” terangnya.

Menurutnya efektifitas masa pengawas TPS sejak dilantik adalah sebulan di bulan berjalan. Artinya ada 23 hari sebelum hari H dan 7 hari setelah hari H. “Diwaktu inilah kita akan bertugas sebaik mungkin, agar di Kecamatan Duripoku ini Pemilu berjalan dengan baik,” demikian kata Achmad.

Untuk diketahui Panwascam Duripoku, Ketua Achmad, SE, anggota Yoyo Sunaryo, SM, dan Ahmad Juanda. Sementara 14 orang P-TPS, terdiri dari 5 dari Desa Tamarunang, 3 di Desa Taranggi, 4 di Desa Saptanajaya, dan 2 orang untuk Desa Sipakainga.


Sebagai tambahan, yang hadir dalam pelantikan pengawas TPS ini, selain dihadiri Camat Duripoku, Elsi, juga dihadiri Kapolsek Sadadu AKP Yohannis SH, Babinkamtibmas Duripoku Rohaniawan, Tokoh Pemudah dan tokoh masyarakat, serta PPK kecamatan Duripoku. (ars)


No comments: