18 March 2019

Wakili Tikke Raya, Riyan Terpilih Jadi Duwis Pasangkayu 2019

BIODATA
Nama : M Riyan Dwi Putra
Lahir : Toddang Pulu, Sidrap
Tanggal : 26 Januari 2001
Agama : Islam

NAMA SEKOLAH
SDN 002 Makmur Jaya
SMP Astra Makmur Jaya
SMAN 1 Tikke Raya

ORGANISASI
- Osis
- Pramuka

ORANG TUA
Usman, S.Pd dan Manauwara, SP.d



IST

Pelajar asal swa SMAN 1 Tikke Raya M Riyan Dwi Putra (17) sukses meraih gelar Duta Wisata (Duwis) Kabupaten Pasangkayu, setelah keluar sebagai pemenang di acara pemilihan Duwis yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata beberapa waktu lalu.

Mewakili Kecamtatan Tikke Raya M Riyan Dwi Putra, dinobatkan sebagai Duwis tingkat kabupaten, berpasangan dengan Syaripah Wahyu Alam (20) perwakilan dari Kecamatan Pasangkayu.

Ditemui disela-sela acara penjemputan Pangdam XIV/Hasanuddin, di Kodim 1427/Pasangkayu, Selasa 18 Maret 2019 kemarin, M Riyan mengaku senang bisa menjadi Duwis di periode tahun ini.

“Menjadi wakil dari Kecamatan Tikke, dan lolos sebagai pemenang di tingkat Kabupaten tentunya membuat saya semakin termotivasi untuk belajar soal wisata di Indonesia ini,” ucapnya kepada wartawan.

Riyan, menceritakan bahwa proses terpilihnya menjadi Duwis cukup panjang dan berlangsung alot karena harus bersaing dengan ratusan peserta dimulai dari seleksi di sekolah hingga seleksi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Waktu audisi jumlah peserta itu banyak, sedangkan waktu karantina pesertanya hanya 26 orang,” katanya.

Disampaikan, motivasi yang ia pegang ketika ingin mengikuti seleksi Duwis karena ingin menjadi plopor atau maskot dalam berkembang objek wisata di daerah.

“Intinya saya ikut karena ingin mempeljari lebih dalam sosl wisata di Pasangkayu. Disisi lain juga karena ingin membahagiakan kedua orang tuang,” katanya terus terang.

Diketahui bahwa Riyan, yang merupakan kedua dari pasangan Usman, S.Pd dan Manauwara, SP.d  yang saat ini duduk di bangku kelas 2 jurusan IPA SMAN 1 Tikke Raya. 

*Penulis adalah Wartawan Harian Metrosulawesi Egi Sugianto, bekerja sebagai TPP Bappeda Litbang Pasangkayu.

No comments: