10 July 2019

Pesta Adat, Wabup : Kita Wajib Melestarikan Budaya


Pasangkayu, Beritamatra - Masyarakat Hukum Adat Desa Pakawa baru-baru menggelar pesta adat "Vovati" yang digelar di Bantaya (Balai Pertemuan Adat Pakawa) Selasa 9 Juli 2019. Kegiatan tahunan itu dirasa lebih spesial karena duhadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu, Drs H Muhammad Saal.

Dalam sambutannya Wabup selaku pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegitan pesta adat yang merupakan Budaya yang harus dijaga dan dilestarikan di daerah ini.

"Kita Wajib Melestarikan Budaya/adat dan bagaimana kelompok kecil di daerah adat merasa aman dan terjaga," imbuhnya.

Olehnya itu agar budaya tetap lestari dan terjaga, Wakil Bupati menekankan agar sekolah-sekolah pendidikan, sangat penting untuk anak-anak, yang mana anak-anak merupakan  Agent Of Change dan pewaris Budaya.

"Karena menurut saya pertukaran budaya dari kelompok satu dengan tang lainya saling terbuka, untuk saling beradaptasi, makanya Kita perlu pelajari, kita simak dan kita beri apresiasi," jelasnya.

Selain itu, kata Wabup juga ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan disamping kita masih mempertahankan budaya yaitu dengan endidikan, kesehatan, ekonomi.

"Karena dengan kecerdasan kita bisa melihat dan mengikuti perkembangan jaman," tukasnya.

No comments: