19 December 2019

Penyuluhan Kesehatan, Kader Posyandu Desa Kenanga Diharapkan Bisa Lebih Inovatif


Pasangkayu - Sejumlah Kades Posyandu bersama masyarakat di Desa Kenanga Kecamatan Lariang diberi penguatan terkait pola hidup sehat.

Pelatihan kesehatan yang difasilitasi oleh pemerintah Desa Kenanga ini, berlangsung di aula kantor Desa Kenanga, Rabu (18/12/2019).

Kepala Desa Kenanga, Frederik Paparang menuturkan bahwa pelatihan kesehatan tersebut adalah sebagai upaya pemerintah desa dalam meningkat kesadaran dan pemahaman masyarakat terkat masalah hidup sehat.

"Kader Posyandu kita harapkan lebih inovatif dan bertanggung jawab, tidak hanya sekadar menggugurkan kewajiban dalam menjalankan tugas," katanya kepada wartawan.

Disampaikan bahwa di Desa Kenangan sendiri, selain membina Kader Posyandu tapi juga membina kader para lansia.
"Untuk itu kita harus bekerjasama dengan pihak kesehatan melalui Puskesmas setempat untuk memberikan penguatan terkait kiat-kiat hidup sehat," harapnya.

Menurutnya selama ini, dari 59 Desa se Kabupaten Pasangkayu, Desa Kenanga sudah termasuk dari 5 desa yang mendeklarasikan sebagai desa yang bebas dari Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air sembarangan.

"Di desa kami sudah 100 persen masyarakat memilikk jamban," sebut Kades Kenanga ini.


Kades mengatakan bahwa kita bekerja itu harus selalu jemput bola, seperti dirinya dan jangan bekerja diatas meja saja, jika kita tidak turun lapangan apa yang mau ditau persoalan-persoalan masyarakat seperti itu.

Mantan Anggota TNI AD ini, banyak berharap kpada seluruh elemen masyarakat, baik yang dilibatkan maupun yang tidak dalam program-program desa agar bisa bekerjasama dengan baik.

"Melalui penyuluhan kesehatan ini, kedepan kami berharap agar masyarakat bisa lebih bekerja sama agar di daerah kami tidak terjadi, gizi buruk maupun busunh lapar," terangnya.

Olehnya itu, ia menambahkan agar kedepannya program-program yamg dilaksanakan bisa terus direalisasikan sesuai yang diharapkan.

"Karena saya menyakini betul, tidak ada seorang pemimpin yang berhasil kalau tidak dibantu warganya sendiri. Kerjasama itulah yang kami harapkan," pungkasnya.

No comments: