25 December 2019

Sambut Fenomena Gerahana Matahari, ASN Pasangkayu Gelar Salat Berjamaah


Pasangkayu - Fenomena langka Gerahana Matahari Cincin yang dapat dilihat di sebagian wilayah Indonesia juga disambut antusias oleh warga Pasangkayu dengan menggelar salat  Khusuf Al-Syams Gerhana, Kamis (26/12/2019).

Salat berjamaah yang dilaksanakan di Masjid Almadaniah Pasangkayu itu, dimulai pada pukul 12.55 Wita, yang dipimpin langsung oleh Imam Besar Masjid Almadaniah Pasangkayu, Mu'min Abukhaer.

Salat berjamaah ini dilaksanakan berdasarkan himbauan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kakanwil Kemenag) Kabupaten Pasangkayu.

Selain diikuti masyarakat umum, salat gerahana tersebut, juga diikuti dari kalangan ASN, baik dari Kemenag Pasangkayu maupun Pemkab Pasangkayu. 

Beberapa diantaranya yang hadir dalam salat gerahana ini, adalah Kepala Kemenag Pasangkayu, Mustafa Tangngali, Kepala Bappeda Litbang Pasangkayu, Kepala Dinas Pertanian, Kepala BKKBN, Kepala Bappenda, dan dari jajaran Kodim Pasangkayu.

Dalam isi khutbah salat gerahana matahari yang dibawakan oleh salah seorang Penyuluh Agama Kecamatan Pasangkayu, Eka Heriswista SPdi, menyampaikan bahwa gerahana matahari sebagai tanda bahwa akan datangnya hari kiamat.

Olehnya itu, diharapkan agar selalu berikhtiar dalam memperbaiko diri, baik sesama antar manusia maupun kepada sang pencipta.


Penulis : Egi Sugianto

No comments: