5 November 2016

Buka Mubes, Bupati Janjikan Beasiswa Penyelesaian Studi

Foto bersama usai acara pembukaan di MAN 2 Model Palu, Sabtu (5/11/2016)
         Lembaga Pelajar Mahasiswa Mamuju Utara (LPM-Matra) Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) ke V 2016, yang berlangsung di aula MAN 2 Model Palu, Sabtu-Minggu (5-6/11/2016).
Acara pembukaan Mubes LPM-Matra Palu, yang dirangkaikan dengan dialog mahasiswa ini, dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Matra, Sul-Bar, Ir H Agus Ambo Djiwa MP. Ketua DPRD Matra, Lukman Said SPd, juga hadir dalam Mubes dua tahun sekali itu.
Selaku pemerintah daerah, Agus Ambo Djiwa, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Mubes tersebut, sehingga diharapkan kepada seluruh mahasiswa, mulai dari ujung perbatasan Mamaju Tengah (Mateng) hingga wilayah Kecamatan Bambalamotu, Bambaira, Sarjo (Bambarasa) perbatasan Kabupaten Matra Kabupaten Donggala, Sulteng, bisa saling bersilaturahim.
“Pada Mubes kali ini, saya berharap diikuti dengan baik, jangan ada perbedaan antar suku, agama dan ras karena intinya kita satu,” harapnya.
Dihadapan ratusan mahasiswa, Bupati Matra, menjanjikan kepada sejumlah pelajar dan mahasiswa terkait masalah pemberian beasiswa dari Pemkab Matra utamanya kepada sejumlah mahasiswa yang sementara dalam proses penyelesaian studi di setiap perguruan tinggi yang ada di Palu.
“Sebagai upaya perhatian pemerintah, saat ini asrama dalam pembangunan. Kemudian untuk beasiswa penyelesaian studi juga akan diberikan melalui proposal penyelesaian studi dan InsyAllah pemerintah akan bantu,” katanya.
Beasiswa penyelesaian studi tersebut, kata Agus Ambo Djiwa, pada prinsipanya diangarkan tiap tahunnya. Misalnya proposal itu diurus di tahun anggaran 2016, maka akan dicairkan pada 2017 mendatang.
Ketua Umum LPM-Matra Palu, Rahmawati S, yang ditemui sesaat pembukaan berlangsung menyebutkan bahwa yang menjadi keluhan mahasiswa asal Kabupaten Matra saat ini, lagilagi adalah terkait keberadaan asrama dan kejelasan bantuan beasiswa dari daerah.
Ketua Panitia, Mubes ke V LPM-Matra, Sudarton, mengatakan secara kepanitiaan sudah bekerja keras hingga pelaksanaan pembukaan Mubes dapat diselenggarakan. Adapun anggaran yang digunakan merupakan bantuan dari pemerintah daerah. Olehnya itu diharapkan dengan dibukanya hingga mubes itu berakhir dapat terlaksana dengan baik.

Sementara jalannya Mubes kali ini, sejak Sabtu sore hingga malam, agenda kegiatan Mubes sudah memasuki pembacaan tata tertib untuk semua peserta Mubes, dan dilanjutkan dengan pembecaac LPJ dari pengurus sebelumnya.

Oleh : Egi Sugianto
Penulis adalah Mahasiswa Universitas Tadulako 
Bekerja Sepenuhnya di Harian Umum Radar Sulteng 2012 hingga sekarang.