17 December 2018

Ratusan Pelajar Ikut KP2K di SMPN 4 Pasangkayu

Pasangkayu - Sebanyak 112 pelajar se Kabupaten Pasangkayu mengikuti Kemah Penguatan Pendidikan Karakter (KP2K) di SMPN 4 Pasangkayu, 9 - 13 Desember lalu.
Kegiatan yang dirangkaikan dengan perayaan Hari jadi sekolah SMPN 4 Pasangkayu ke-5 ini, melibatkan 14 sekolah yang berpartisipasi dalam acara KP2K itu.

Kepala SMPN 4 Pasangkayu, Idham SS MPd, mengatakan item materi yang disuguhkan dalam kegiatan KP2K sangat pariatif, karena selain materi kepramukaan juga ada kegiatan kewirausahaan.


"Untuk materi Pramuka, seperti sejarah gerakan pramuka, anggaran dasar pramuka, kepemimpinan, struktur organisasi pramuka dan kode kehormatan gerakan pramuka," katanya.

"Dan kegiatan kewirausahaan adalah sebagai bekal life skill atau kecakapan hidup berwirausaha yang dapat menjadi bekal hidup seorang anggota pramuka," tambahnya.

Dikatakan bahwa kegiatan kewirausahaan meliputi cara membuat pot bunga dari semen, membuat papan nama, membuat abon ikan, membuat kripik, membuat bosara, dan membuat bakso.

"Kegiatan kewirausahaan ini melibatkan langsung para pelajar yang ikut dalam KP2K ini," jelasnya.
Idham, menerangkan bahwa selain suguhan materi pramuka dan kewirausahaan, ada pula kegiatan lain seperti pentas seni, parade budaya, heking, out bon.

"Puncaknya renungan, malam api unggun, dan acara malam penutupan malam ramah tamah," ucapnya.

Menurutnya KP2K ini sengaja dilaksanakan sebagai upaya menanamkan jiwa patriotisme, religius, gotong royong, mandiri, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang tangguh bagi peserta didik. Selain itu, diharapkan pendidikan pramuka di sekolah dapat melahirkan generasi-generasi emas di masa mendatang.

"Melalui kesempatan ini kami ucapan terima kasih kepada seluruh kepala sekolah yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan kita ini," pungkasnya. (bm)

PARADE FOTO KEGIATAN





No comments: