18 June 2019

“Halal bi Halal, Muhammad Saal : Kita Harus Bijak dengan Perbedaan yang Ada


Pasangkayu – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Pasangkayu Drs H Muhammad Saal, menhadiri kegiatan Halal bi Halal yang dilaksanakan oleh Gerakan Muda Salunggaluku (Gemsa) di halaman masjid Dusun Salunggaluku Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu, Senin malam 17 Juni 2019.

Selain dihadiri Wabup, dalam kegiatan Halal bi Halal dengan tema “Memperkokoh dan mempererat silaturahmi persaudaraan, juga dihadiri Camat Bambalamotu Masrah Djohar, dan perwakilan dari Kantor Urusan Agama (KUA) Bambalamotu serta kepala-kepala dusun dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Wabup Muhammad Saal, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang digagas oleh para pemuda yang ada di Salunggaluku, karena dengan kegiatan ini tentunya pemuda yang ada dapat diukur terkait apa yang sudah dicapai.

“Kalau semua dusun bisa begini semua dusun tentunya akan terukur soal keberagaman,” katanya.

Muhammad Saal, menilai bahwa kegiatan halal bi halal di Salunggaluku ini, momentumnya sangat tepat, apa lagi di daerah ini baru saja melaksanakan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden.


Selanjutnya kata Wabup, dalam Pileg dan Pilpres tentunya semua pasti ada perbedaan karena semua manusia esensinnya dicipatakan sebagai produk perbedaan.

“Kalau adam tidak ada Hawa, tentnunya tidak akan ada manusia seperti sekarang ini, karena kita lahir dari sebuah perbedaan jadi banyangkan sendirilah perbedaan antara lelaki dan perempuan ketika dipertemukan pasti disitu ada nikmat atas dari sebuah perbedaan,” jelasnya.

Olehnya Wabup, berharap agar seluruh masyarakat mampu menyikapi sebuah berbedaan dengan bijak.

“Kita harus bijak dengan perbedaan yang ada, tapi percaya dari perbedaan yang ada tentunya ada kenikmatan-kenikmatan didalamny,  apakah itu nikmat dalam urusan dunia kita atau urusan akhirat kita,”

Sebagai pemerintah daerah dan pribadi, Muhammad Saal, sangat mendorong agar kegiatan halal bi halal itu bisa ditularkan ke seluruh desa atau dusun di kecamatan bambalamotu.

“Saya titip ke camat, desa dan KUA agar kegiatan yang dilaksanaankn mala mini bisa ditularkan di seluruh Kecamatan Bambalamotu karena kalau ini terjadi berarti kita memperkecil persoalan-persoalanya yang nilainnya negatif karena kalau pemuda tidak diberi kesibukan dia akan mencari kesibukan lain. Mungkin tanda petik kalau tidak diisi dengan positif akan lahir kegiatan negative,” tandasnya.


Ketua Gemsa Salunggaluku, Abd Kadir, mengatakan bahwa halal bi halal ini adalah puncak dari kegiatan yang diselenggarakan selama di bulan Ramadan. Ia juga mengaku berterima kasih karena dihadiri oleh Wakil Bupati yang sudah memberikan perhatian kepada para pemuda di Salunggaluku.

No comments: