14 January 2017

Nelayan di Maponu Khawatir Kehilangan Pendapatan

SARJO – Nelayan di pesisir pantai Dusun Simajo, Desa Mamponu, Kecamatan Sajo, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) tidak leluasa mencari ikan di laut, akibatkan cuaca buruk beberapa hari terakhir. Kondisi ini membuat nelayan di daerah tersebut, mulai khawatir kehilangan pendapatan utamanya.
Nelayan di Maponu Munir 55
Salah seorang nelayan di Maponu, Munir (55) 
Seperti yang disampaikan salah seorang nelayan Munir (55), yang mengaku sejak di awal tahun baru hasil tangkapannya di laut sudah menurun. “Ini sudah masuk musim penghujan, kami nelayan siap-siap tidak turun melaut,” katanya kepada Berita Matra, Jumat (13/01/2017) kemarin.
Dia mengatakan sebagai nelayan dirinya sudah memahami kondisi cuaca  yang sering berubah-ubah di awal tahun, atau musim pancaroba. “Kalau saya lihat sudah musim hujan, dan biasa sampai di bulan Februari,” jelasnya.
Menurutnya kehidupan ekonomi keluarga masyarakat nelayan yang sepenuhnya ditopang dengan hasil tangkapan, maka musim hujan dianggap sebagai momok mengkhawatirkan bagi dirinya dan rekan-rekannya.
“Perubahan cuaca seperti ini selalu menjadi kendala. Tapi inilah kondisinya yang harus dihadapi,” ucapnya.
“Kami nelayan tradisional, kami tidak memiliki keahlian lain selain melaut. Ya beginilah kalau hujan kami pasti tidak pergi melaut, pendapat juga pasti tidak ada,” tambahnya. (sdr)