13 February 2017

Inilah Program Prioritas Pemkab Matra di 2017

PASANGKAYU – Sedikitnya ada 9 agenda prioritas program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Utara, pada pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2017, sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mauju Utara periode 2016-2021.
Dari 9 program kerja tersebut, disampaikan langsung oleh Bupati Mamuju Utara, Ir Agus Ambo Djiwa MP, di ruang pola kantor Bupati Mamuju Utara, Senin (13/02/2017), saat pelaksanaan rapat evaluasi pelaksanaan rancangan penyelenggraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, yang dihadiri Wakil Bupati Mamuju Utara, Drs H Muhammad Saal, dan seluruh pimpinan SKPD di lingkup pemerintahan Mamuju Utara.
Agus Ambo Djiwa, menjelaskan sesuai dengan visi misi pemerintah, yakni mewujudkan masyarakat Mamuju Utara yang lebih sejahtera, maju, dan bermartabat berlandaskan keberagaman, maka ada 9 agenda prioritas, seperti yang tertuan dalam (NAWA JIWA).
Berikut 9 program prioritas Nawa Jiwa:

1 : Dimensi pembangunan SDM dan daya saing, melalui peningkatan dan perluasan layanan pendidikan dengan fokus program unggulan: 1. Desa / Wilayah Swadaya Pendidikan, 2. Program Retrival dan Transisi (Pemastian semua anak usia sekolah bersekolah.

2 : Dimensi pembangunan SDM dan daya saing, melalui Peningkatan dan perluasan Layanan Kesehatan dengan fokus program unggulan, terdiri dari Da’a Smart, Posyandu Mandiri, Kampoeng KB, dan Akreditasi Puskesmas dan RSUD.

3 : Dimensi pembangunan SDM dan daya saing, melalui pembangunan Mental Spiritual dengan fokus program unggulan, perubahan cara pandang, sikap, perilaku yang berorientasi moderen.
• Meningkatnya INTEGRITAS: jujur, disiplin, tanggung jawab, sportif, adil dan taat hukum
• Meningkatnya ETOS KERJA: optimis, kerja keras, berprestasi, pantang menyerah, mandiri, produktif, hemat, kreatif, inovatif, berprestasi, dan pelayanan publik yang prima
• Menguatnya GOTONG ROYONG: kerja sama, toleran, saling menghargai, kemaslahatan umum.

4 : Dimensi pembangunan Kemajuan Daerah, melalui peningkatan pembangunan infrastruktur dasar dengan fokus program unggulan, yakni konektivitas jalan Desa, Kecamatan, dan Kabupaten, Desa Mandiri Infrastruktur (Desa Kalukunangka – membangun infrastruktur dengan swadaya dan gotong royong.

5 : Dimensi pembangunan SDM dan daya saing, melalui peningkatan Produktifitas Pertanian, Perikanan dan Kelautan dengan fokus program unggulan, Desa Mandiri Pangan, Desa Mandiri Benih, Swasembada Beras, Kampung Udang Paname.

6 : Dimensi pembangunan SDM dan daya saing, melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  dengan fokus program unggulan : Satu Desa Satu Usahawan (OVOE / One Village One Enterpreneur, Kelurahan Baras : Pemuda Pengelola Sampah, Desa Sarasa : Pengelolaan Kotoran Sapi, UMKM Mandiri, Koperasi Mandiri, Desa Wisata.

7 : Dimensi Pelayanan Publik, mlalui penataan Kelembagaan Pemerintah Daerah dengan fokus program unggulan :
1. Revolusi Mental Spiritual ASN
2. Penerapan elektronik pemerintahan : (e-Perkantoran/Office;
e-Perencanaan/Planning;e-Penganggaran/Budgetting),e-Pengadaan Barang/jasa/Procurement, dan e-Pelaksanaan / Performance.
3. Penguatan sistem evaluasi kinerja dan reformasi birokrasi.

8 : Dimensi pembangunan Kemajuan Daerah, melalui penataan Kota dan Lingkungan Hidup dengan fokus program unggulan :
1. Kebersihan kota pasangkayu dan ibu kota kecamatan
2. Pemb. Median & trotoar jalan Ir Soekarno dan Ahmad Yani;
3. Pemb. RTH Pantai Pasangkayu
4. Pemb. Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) – persiapan kota berbasis IT
5. Penyediaan lahan pemerintah untuk pembangunan dan pengembangan kota baru

9 : Dimensi pelayanan publik, dengan pembangunan Perdesaan dengan fokus program unggulan :
1. Desa Sadar Hukum dan HAM
2. Desa Partisipatory (tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa terbaik)
3.  Desa dgn sistem perencanaan dan penganggaran mandiri

Disajikan Oleh : Berita Matra
Sumber: Humas Pemkab Matra