7 February 2017

Tiga Desa di Matra Menggelar Pilkades Tahun 2017

H Arfan Lasibe, S.Sos,. MSi
PASANGKAYU - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Mamuju Utara, H Arfan Lasibe, Ssos,. MSi, menegaskan sedikitnya ada tiga desa di Kabupaten Matra, yang bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di tahun 2017.
Dari tiga desa itu, terdiri dari Desa Tampaure Kecamatan Bambaira, Desa Doda Kecamatan Sarudu, dan Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba.  Ketiga desa tersebut, sudah memasuki masa berakhirnya Kepala Desa bersangkutan.
“Hanya ada tiga desa, yang sementara kami pastikan akan menggelar Pilkades tahun 2017 ini,” katanya kepada wartawan, Selasa (07/02/2017).
Mantan Kades Polewali itu mengatakan, menyebutkan waktu pelaksanaan Pilkadesdari tiga desa tersebut, diperkirakan bulan Februari, dan dalam waktu dekat ini segera akan disurati pada Ketua BPD masing-masing untuk membentuk Tim 5 (lima).
“Tim lima inilah yang akan melakukan penjaringan bakal calon Kades di wilayah desa masing-masing,” jelasnya.
"Insya Allah jika tahapan Pilkades akan berlangsung Februari hingga bulan April 2017, setelah itu baru diteruskan ke bupati untuk mengagendakan pelantikan di bulan Mei nanti,” tambahnya.
Menurut dia alokasi dana yang dikucurkan untuk Pilkades 2017, biaya yang akan ditanggung oleh Pemkab Matra, hanyalah biaya pengamanan saja. Meliputi pihak kepolisian dan Linmas yang diberikan tanggungjawab untuk mengamankan Pilkades.
Sementara biaya honorer tim V dan biaya yang lainya, kata adik kandung Anggota DPRD Matra, Kusnayati Lasibe itu menegaskan, akan dibebankan kepada Alokasi Dana Desa (ADD) masing-masing.
“Mengingat anggaran yang melekat di BPMPD juga terbatas. Makanya sebagian anggaran untuk Pilkades dibebankan pada ADD,” pungkasnya. (bm/firmasnyah)