23 March 2017

HUT ke-14 Mamuju Utara Disambut Meriah

Inyoman Suandi
PASANGKAYU – Hari jadi Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat, yang jatuh setiap tanggal 18 April kembali akan diperingati dengan pelaksanaan upaca bendera yang rencananya akan berlangsung di alun-alun Smart Kota Pasangkayu yang akan dihadiri langsung oleh Bupati Mamuju Utara Ir H Agus Ambo Djiwa MP dan Wakil Bupati Mamuju Utara, Drs H Muhammad Saal, serta para pejabat eselon di lingkungan Pemkab Mamuju Utara.
Pada tanggal 18 April itu adalah upacara hari jadi Kabupaten Matra yang direncanakan berlangsung di alun-alun Smart kota Pasangkayu dan dilanjutkan dengan kegiatan Napatilas nilai juang pembentukan Kabupaten Pasangkayu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kabudayaan Kabupaten Mamuju Utara, Inyoman Suandi, Selasa 22 Maret 2017.
Inyoman Suandi, menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut hari jadi Mamuju Utara tersebut, pembukaan pameran pembangunan stand pameran SKPD sudah bisa dimulai sejak tanggal 4 April dan berakhir tanggal 11 April 2017 mendatang.
"Jam 12 siang tanggal 11 April itu semua stand pameran setiap SKPD harus sudah selesai didirikan, karena jam kedua itu, ada peninjauan stand oleh Bupati dan wakil Bupati,” jelasnya.
Dijelaskan sedikitnya ada sekitar 24 item kegiata yang telah disusun oleh panitia, dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten paling utara di Provinsi Sulbar itu. Dari 24 item kegiatan ini diantaranya adalah lomba lagu dangdut, lomba Tarian Dero, Lomba kebersihan lingkungan, lomba sekolah adiwiyata dan pagelaran seni Budaya Daerah.
Selanjutnya adalah Kerja bakti Massal Bersih Pantai Pasangkayu, Lomba presenter dan baca berita televisi yang diadakan oleh TVRI Sulbar, lomba kebersihan Rumah tangga warga kota Pasangkayu, lomba kebersihan kediaman pejabat esolon II Pemkab Matra dan lomba desain tenun khas Matra.
Pemberian penghargaan kepada tokoh pemerhati lingkungan, senam sehat, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis, pertandingan tenis lapangan, lomba melukis anak usia dini (PAUD), lomba kebersihan rumah ibadah, lomba ceramah agama anak-anak dan tingkat dewasa, festival budaya daerah dan jalan santai, serta pemilihan Putra-Putri Wisata.

Pada malam penutupan atau malam ramah tamah pada tanggal 20 April direncanakan Panitia setelah berkonsultasi kepada Bupati Matra Agus Ambo Djiwa, akan dimeriahkan oleh artis ibu Kota Rita Sugiarto dan Ungu Band. (bm/ars)