24 May 2017

Tingkatkan Disiplin Pegawai, Camat Pasangkayu Terapkan Apel Pagi dan Sore



Firdaus S.Sos
PASANGKAYU – Ada pemandangan berbeda ketika, Firdaus S.Sos, dilantik menjadi Camat Kota Pasangkayu, ketika menerapkan satu terobosan baru yang mewajibkan semua pegawai dan Staf PNS di kantor tersebut, mengikuti apel pagi dan sore.
Apa yang dilakukan mantan Kabid Pemuda dan Olahraga ini, patut diacungi dua jempol karenya diyakini terobosan itu dapat meningkatkan kedisiplinan pegawai dan staf, khususnya pada Pemerintah Kecamatan Pasangkayu, yang merupakan ibu Kota Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Provinsi Sulawesi Barat itu.
“Saya coba menegakkan aturan apel dua kali dalam sehari ini, dasarnya untuk mempererat hubungan tali silaturahmi di kantor Camat,” katanya, kepada wartawan, Rabu, 24 Mei 2017.
Dia menyebut, bahwa apa yang dilakukan ini sebelumnya tidak pernah dilakukan di kantor Camat Pasangkayu dengan menggelar rutinitas apel pagi dan sore.  “Jadi memang perlu penyesuaian dulu agar kebijakan ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan,” ucapnya.
Menurutnya kegiatan apel pagi dan sore, prinsipnya untuk membiasakan disiplin staff dan tenaga honorer sebagai pelayan masyarakat. katanya, kegiatan apel ini pula diberi respons positif oleh Bupati Matra, Ir H Agus Ambo Djiwa MP, sehingga mampu meningkatkan kinerja demi pelayanan optimal terhadap masyarakat Pasangkayu.
"Tadinya mereka (Staff) enggan hadir mengikuti apel, namun disadari betul faedahnya cukup baik. Kini Mereka langsung mengikuti aturan apel itu dengan baik," terangnya.
Mantan Ketua Kerukunan Wasit di Matra ini, menyadari betul bahwa terobosan baru apel itu tetap akan mendapat kendala. Karena kadang sebagian staff datang kantor tidak tepat waktu. “Berkat aturan apel ini tidak ada lagi yang malas datang ke kantor camat. Dan saya selalu hadir memimpin apel pagi dan sore hari,” kata Firdaus.
Dikatakannya kegiatan apel pagi, dimulai pukul 07.30 Wita, sementara apel pulang sore hari mulai pukul 04.00 Wita. (A1/bm/firmansyah)