29 July 2018

Pileg 2019, Generasi Milenial Mendominasi

PASANGKAYU, Beritamatra – Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) pesta demokrasi 2019 baru saja selesai digelar. Setelah usai verifikasi data Bacaleg dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu, ternyata generasi milienal mendominasi khususnya tingkat Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Berdasarkan data Litbang KPU Pasangkayu, dari 386 Bacaleg terdapat sebanyak 135 orang Bacaleg yang berada diusia antara 21-30. Sementara diusia antara 30-40 tahun, dan diusia 61 ke atas hanya terdapat 16 orang. Artinya bahwa Generasi Milenial menempati posisi pertama.
Hal tersebut, juga dibenarkan oleh Devisi Hukum, SDM, dan Partisipasi Masyarakat KPU Pasangkayu Heriansyah, yang menjelaskan bahwa jumlah Pendaftar Bacaleg untuk generasi milienal memang sangat tinggi jika dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya.
Selain itu, menurut Heriansyah, tingkat partisipasi perempuan dalam pendaftaran Pileg 2019 ini juga meningkat jika melihat data pemilihan 2014 lalu. “Karena sebelumnya cuma ada 106 orang perempuan yang mendaftar, kalau untuk pemilu 2019 ini sudah ada 147 orang,” kenangnya.
Disampaikan bahwa fakor pendukung sehingga terjadi peningkatan pada Pileg kali ini, tak lain karena jumlah partai yang ikut berkompetisi lebih banyak. “Juga memang karena regulasi yang mewajibkan perempuan 30% dalam satu partai,” terangnya.
Heriansyah, menambahkan jika dilihat dari jenjang pendidikan dalam Pileg ini, juga bervariasi dimana pendidikan terakhir yang terbanyak adalah tamatan SMA sederajat yakni 250 orang. Sementara yang paling sedikit adalah lulusan Strata II (S2) terdapat 7 orang. (ja)