29 July 2018

RKP Desa, Selaraskan Visi dan Misi Bupati

PASANGKAYU, Beritamatra- Pemerintah Kecamatan Bambalamotu bekerjasama dengan Dinas PMD Kabupaten Pasangkayu, menyelanggarakan Sosialisasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2019, yang di kantir Camat Bambalamotu lama, Senin 23 Juli 2018.

Selain dihadiri perwakilan staf desa dan Tenaga Pendamping Perencana (TPP), baik dari Kementrian dan pendamping lokal, juga dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Litbang Pasangkayu, Arhamuddin SE MAP, sebagai utusan dari pemerintah daerah.
Dalam kesempatan itu, Sekretaris Bappeda Litbang Pasangkayu, Arhamuddin, menegaskan bahwa sosialisasi tersebut dilaksanakan agar pemerintah desa memahami penyusunan dengan tentang rencana di tahun-tahun mendatang, juga agar singkron dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu.
“Karena kalau ini tidak dikawal dengan baik akan bertentangan dengan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati,” kata Arhamuddin mengawali sambutannya.
Disampaikan ke depannya, Bappeda juga akan selalu membangun komunikasi dengan PMD, bagaimana agar Tenaga Pendamping Perencana bisa mengakawal bagus dalam penyususnan RKP Desa di 2019 ini.
“Kami ingin memastikan pembangunan di desa bisa dimaksimalkan dengan baik, dan diharapkan perencanaan desa bisa singkron dengan di Kabupaten,” jelasna.
Menurutnya dalam penyusunan RKP Desa, mestinya pemerintah desa tidak lahi harus fokus pada pembangunan fisik karena salah satu yang tertuan dalam Nawa Jiwa, terkait program prioritas bupati diharapkan ada satu percontohan konsep-konsep pemberdayaan yang dilakukan di desa.
“Nah inilah yang kita kawal betul agar bisa diagendakandengan bagus, sehingga apa yang diproritaskan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya ada hasil yang maksimal,” harapnya. (bm)