27 July 2018

Tarian Khas Suku Bunggu Dibawa ke Festival Teluk Mandar

PASANGKAYU, Beritamatra – Pendiri sekaligus pembinan Ikatan Kesenian Kreasi Matra (IKKM) Andi Latifa Arifin S.Pd, bertekad akan membawa tari khas suku bunggu ke paggelaran Festival Pesona Teluk Mandar.
Ia… Festival Pesona Teluk Mandar, memang akan kembali digelar di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pertengahan Agustus 2018. Di acara itu, akan dimeriahkan berbagai macam kesenian tari dari seluruh pelosok “Tanah Malqbi” Sulbar.
“Ini bukan lomba tapi persembebahan, dan kami dari Kabupaten Pasangkayu juga akan hadir dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Majene dengan persembahan tari khas suku bunggu,” kata Andi Latifa, kepada wartawan Jumat 27 Juli 2018.
Menurut Ifha, sapaan akrab Andi Latifa, selain Tari Khas Suku Bunggu, juga musik tradisional dan memperkenalkan baju khas yang terbuat dari kulit kayu. “Persiapannya sementara kami garap, kita berharap apa yang kita rencanakan ini bisa terlaksana,” harapnya.
Olehnya itu, lanjut Ifha, diharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak agar rencana membawa Tari Khas Suku Bunggu ke Festival Pesona Teluk Mandar tahun ini dapat terwujud. “Karena tujuan kami semata-semata untuk memperkenalkan kesenian dari Pasangkayu, membuka mata daerah-daerah lain bahwa di daerah ini kita juga banyak kesenian yang perlu dilestarikan. Disisi lain, kesempatan ini adalah untuk memotivasi anak-anak didik kami agar bisa tampil di even besar seperti Festival Teluk Mandar ini,” pungkasnya. 
Penulis : Egi Sugianto 
Editor   : Egi Sugianto