24 September 2018

TPID Diharapakan Mendorong Pembangunan Desa Lebih Baik


PASANGKAYU - Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pasangkayu menggelar pelatihan Tim Program Inovasi Desa (TPID) guna mendorong pembangunan desa maju dan sejahtera di Pasangkayu, Senin 24 September 2018.
TPID ini dilaksanakan sebagai upaya mendukung program inovasi desa di kabupaten paling utara Sulawesi Barat. Kegiatan pelatihan ini buka langsung bupati pasangkayu, yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Kesra Pemkab Pasangkayu, Makmur.
“Kami mengapresiasi pelatihan inovasi desa ini, dan kita berharap kegiatan ini bisa lebih dari sebelumnnya, sebab di daeran ini sangat banyak yang bisa di kembangkan untuk jadi bahan inovasi desa yang bisa mendorong pembangunan,” harapnya.
Sementara Kepala Dinas PMD Arfan Lasibe, mengatakan ditahun kedua program inovasi desa diharapkan tim inovasi desa lebih kreatif melihat potensi desa untuk dikembangkan. Ia mencontohan salah satu desa di pasangkayu yang sukses dalam mengembangkan inovasi.
“Misalnya di Desa Parabu berhasil menerima penghargaan tingkat provinsi bahkan beberapa penghargaan lainnya, inovasi desa parabu ini mampu mendorong perekonomian masyarakat,” katanya.

Menurutnya hal itulah yang menjadi harapan pemerintah daerah pada pelaksanaan inovasi desa agar desa-desa yang lain bisa mengembangkan potensi yang ada. “Mulailah melakukan observasi di desa mana yang bisa kita kembangkan untuk menjadi desa yang lebih baik dari sebelumnya,” imbuhnya.
Pelatihan program inovasi desa ini diikuti sebanyak 60 peserta dari perwakilan desa se kabupaten pasangkayu yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 24 sampai dengan 26 september 2018. (Darmawan)