17 October 2018

Inovasi Desa Pasangkayu Selangkah Lebih Maju di Sulbar


PASANGKAYU – Koordinator Provinsi Wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) P3MP-PID Sulbar, Nurhamzah SS, menilai pelaksanaan Inovasi Desa di Kabupaten Pasangkayu selangkah lebih maju daripada kabupaten lainnya yang ada di Sulbar.

Demikian disampaikan oleh Koordinator P3MP-PID untuk Sulbar itu, usai menghadiri pelaksanaan pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Kabupaten Pasangkayu beberapa waktu lalu.
Dia menyatakan bahwa pelaksanaan pelatihan sekaligus Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Desa dan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) adalah gerakan pertama kali untuk Inovasi Desa di Sulbar.
“Kabupaten Pasangkayu yang baru pertama kali melaksanakan pelatihan, sementara kabupaten lain masih berproses. Ini adalah penggerak awal dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Inovasi Desa,” katanya, Kamis 27 September 2018.
Disampaikan bahwa tahapan selanjutnya yang akan dilakukan anggota TPID yang sudah dibekali dengan pemahaman melalui pelatihan itu, selanjutnya akan berproses menangkap inovasi-inovasi desa yang kemudian akan dibawa ke bursa inovasi desa tahun ini.
“Bursa Inovasi Desa adalah ajang dimana akan terjadi pertukaran informasi pengetahuan sehingga akan muncul ide-ide inovatif untuk mendorong pembangunan desa maju dan sejahtera di Pasangkayu,” papar Nurhamzah.
Diharapkan dengan munculnya ide-ide inovatif melalui bursa tersebut, akan muncul komitmen di masing-masing pemerintahan desa untuk dimasukkan dalam perencanaan desa.
“Dan akan lebih ideal lagi kalau ditetapkan dalam APBDes di tahun 2019,” imbuhnya dengan serius.
Menurutnya salah satu indikator suksesi TPID ini adalah teranggarkannya kegiatan-kegiatan inovatif, sehingga seiring dengan tujuan TPID agar bagaimana pemanfaatan dana desa bisa berjalan sesuai yang diharapkan di tahun ke empat sejak dilaksanakan mulai 2015.
“Indikator penting dalam kegiatan Inovasi Desa adalah bagaimana kegiatan itu dapat memberi manfaat sebesar-besarnya ke masyarakat banyak. Makin banyak manfaat yang ditimbulkan tentu semakin banyak yang merasakan maka kualiatas dari inovasi lebih bangus,” demikian harapan Nurhamzah.
Penulis Naskah : Egi Sugianto

No comments: