13 October 2018

Sekretaris FORMAT Jadi Pemateri Jurnalistik di Universitas Muslim Maros


MAROS – Sekretaris Forum Wartawan Mamuju Utara (FORMAT) Kabupaten Pasangkayu, Indra Anwar mendapat sambutan dan kepercayaan dikalangan mahasiswa Universitas Muslim Maros (Umma) Kabupaten Maros Sulsel baru-baru ini.
Ia...wartawan Korespondensi Saudagar wilayah Kabupaten Pasangkayu ini, dipercaya membawakan salah satu materi Jurnalistik pada Seminar Jurnalistik yang digelar Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros (Himabas FKIP UMMA) bekerjasama dengan DPC PWRI Kabupaten Maros.



Seminar yang diikuti ratusan mahasiswa ini berlangsung di aula Baruga A Kabupaten Maros Provinsi Sulsel. Selain Indra Anwar juga dihadiri Redaktur Harian Fajar, Imam Zulkifli yang membawakan materi “Cukup Sebar Kasih Sayang, Hoaks Jangan”.
Indra Anwar, yang tampil sebagai pemateri kedua tentang bahasa Jurnalistik banyak menjelaskan seputar bahasa yang layak dalam mengolah sebuah berita.
“Bahasa Jurnalistik memiliki Varian tersendiri atau ragam tersendiri namun tetap mengikuti kaidah Kebahasaan seperti EYD,” jelasnya.
Disampaikan ciri-ciri bahasa hasil prodak Jurnalistik, diantaranya sederhana, Padat, lugas, jelas, dan menarik sehingga informasi yang dituangkan dalam sebuah berita benar-benar tersampaikan dalam sebuah tulisan.
“Sebenarnya menjadi menjadi seorang penulis itu susah-susah gampang asalkan kita mengetahui prinsip-prinsip jurnalis itu sendiri,” katanya.
Dekan FKIP UMMA HIkmah Rusdi memberi apresiasi kepada peserta yang mengikuti seminar Jurnalistik. Dirinya menyampaikam bahwa peserta yang hadir di aula pendopo merupakan orang-orang pilihan.
“Saran saya kepada peserta agar mengikuti sebaik-baik mungkin,"ungkapanya. (an/bm/A1)

No comments: