13 October 2018

Bantu Korban Gempa di Silae, PT Astra International Tbk Turunkan Dokter Muda


PALU – Sebagai bentuk kepedulian PT Astra International Tbk terhadap korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Kab Sigi dan Kab Donggala, Sulawesi Tengah, melalui Program “Nurani Astra” langsung merespons cepat dengan memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat.



Program Nurani Astra yang dipusatkan di Posko Garuda Nurani Astra Kota Palu tersebut, kembali menurunkan dokter muda relawan dari PT Mamuang yang dipimpin oleh dr Fatimatuzzarah, untuk menjangkau korban gempa di wilayah Kelurahan Silae Kecamatan Ulujadi Kota Palu, Jumat (12/10/2018).
Dalam kesempatan itu, dr Fatimatuzzarah, menyatakan bahwa aksi kemanusian itu sengaja dilakukan agar dapat meringankan beban para korban bencana.
“Kami bertugas dengan niat mulia untuk memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala. Semoga apa yang dilakukan ini bisa membantu saudara-saudara kita yang ada dipengungsian,” ujarnya.
Sebagai dokter ia berharap dengan adanya bantuan medis ini dapat meringankan beban para korban bencana, sehingga Kota Palu, Sigi dan Donggala bisa bangkit dari keterpurukan.
“Palu harus bangkit dan kami sebagai relawan siap membantu,” terangnya bersemangat.
Sebelum diturunkannya tim medis di Wilayah Keluruahan Silae, informasi awal didapatkan dari salah seorang warga yang berobat ke Posko terpusat yang Jalan Garuda Kota Palu.
“Kami turun ke Silae karena ada informasi dari masyarakat bahwa di posko pengungsian di sekitar rumah mereka di daerah Silae belum terjamah bantuan medis sama sekali. Untuk itu kami langsung turun,” katanya menambahkan.
Ketua RT di Kelurahan Silae, Ridwan mengakui bahwa turunnya tim medis dari PT Astra Internasional adalah kunjungan bantuan medis pertama yang sampai di Silae.
“Saya sebagai ketua RT sangat berterima kasih kepada relawan di Posko Garuda Nurani Astra dan seluruh keluarga besar PT Astra International Tbk. Ini sangat membantu buat masyarakat Kelurahan Silae,” katanya berkata jujur.



Sementara jumlah pasien yang didapat oleh Tim Medis Posko Garuda Nurani Astra di daerah tersebut berjumlah 15 orang yang terdiri dari 4 orang pria, 6 orang wanita (wanita hamil 2) dan anak-anak berjumlah 5 orang. Penyakit yang ditemukan berupa ulkus e/r pedis, gatal-gatal, batuk, pilek, pusing berputar dan demam.
Khusus untuk pasien yang menderita ulkus saat tim datang ditemukan berbau busuk, kaki pasien bengkak karena terlalu lama digantung. Tim melakukan rawat luka, pembersihan (sterilisasi) dan dibuang nanahnya lalu ditabur antibiotik. Tim pun melakukan edukasi kesehatan kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut.
Laporan Humas PT Astra Internasional Tbk


No comments: