28 October 2018

Warga Sambut Baik Pengembangan Kelapa Dalam di Bambarasa


Pasangkayu – Kabupaten Pasangkayu, memiliki ribuan hektare untuk pohon kelapa. Misalnya yang ada di wilayah Bambarasa. Melihat kekayaan alam dari pohon kelapa ciri khas pasangkayu ini, maka Dinas Tenaga Kerja, Perindustarian dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pasangkayu, menjalankan program pengembangan kelapa dalam.
Foto Facebook
Program tersebut dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai yang diharapkan dalam Visi-Misi Bupati Pasangkayu.
“Kami menyambut baik dengan adanya program ini. Kami anggap ini adalah program yang tepat melihat banyak pohon kelapa di pasangkayu,” kata Alumni Pertanian Untad, asal Bambalamotu.
Sementara Disnakertrans Pasangkayu H Masri Madawali SE MM, mengaku bahwa konsep-konsep penembangan usaha kecil. Salah satu program pengembangan kelapa dalam memang sudah berjalan di wilayah Bambalamotu, Bambaira, dan Sarjo (Sarjo).
“Program Pengembangan Kelapa Dalam ini sudah berjalan sebelum saya disini (Kadisnakertrans). Program ini akan kami gairahkan untuk dikembangkan supaya lebih baik dari sebelumnya,” kata Kadisnakertrans H Masri Madawali SE MM, kepada wartawan belum lama ini.
Menurut Masri Madawali, ada beberapa faktor pendukung di daerah sehingga program ini, dianggap tepat dijalankan. Salah satunya melihat dari jumlah pohon kelapa yang ada di Kabupaten Pasangkayu.
“Juga memang karena saya lihat, Kementerian Perindustarian telah memfokuskan pengembangan usaha kecil seperti bahan dasarnya dai kepala dalam. Makanya kita harus tangkap peluang ini supaya meningkat ekonomi masyakat bisa menjadi lebih baik,” paparnya.
Secara singkat, Masri berharap agar para pelaku dalam di pasangkayu, ke depannya tidak langsung menjual setelah panen, melainkan bisa menambah pendafatan dengan cara diolah mulai dari akar batang dan daun.
“Contoh kecil saja dari daun sudah bisa dibuat tikar, dan tulang dari daun bisa dijadikan sebagai sapu dan banyak sekali yang bisa jadi sumber pendapatan disitu,” jelasnya.
“Intinya mari kita bekerja sama semua masyarakat dan stackholder yang ada karena pronsipnya kami siap menfasilitasi program ini,” tambahnya. (bm)

No comments: