7 January 2019

Agro Expo, Semangati Petani di Letawa

Pasangkayu - Inisiator Rumah Belajar Holistik Amiruddin Ainun, bersama petani dan masyarakat di Desa Letawa Kecamatan Sarjo, menyelenggarakan kegiatan Agro Expo dan Dialog Pertanian, di aula SMKN 1 Sarjo, Senin 7 Januari 2018.
Kegiatan yang diberi tema "Urgensi peningkatan kompetensi petani yang berdaya saing global, sejahtera, mandiri dan bermatabat" itu dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Pasangkayu, Ir H Agus Ambo Djiwa MP.

Usai pembukaan, bersama-saman dengan masyarakat bupati didaulat melakukan pemanenan hasil tanaman di Kampoeng Tani Rumah Belajar Holistik. Acara pemanenan ini disaksikan oleh mitra petani seperti dari Belawa Tani Pasangkayu dan Cap Panah Merah.
Ketua Rumah Belajar Holistik Desa Letawa, Amiruddin Ainun, mengatakan bahwa upaya yang dilakukan saat ini, tak lain adalah untuk meningkatkan hasil pendapatan petani secara umum.
"Dalam perjalananya dengan terbentuknya Rumah Belajar Holistik ini, kita juga banyak dibantu dari pihak luar, seperti dari BI dan termasuk dari Cap Panah Merah dan Belawa Tani Pasangkayu,"ucapnya.
Menurut Amiruddin, pola pikir petani yang harus dirubah ketika ingin adanya sebuah peningkatan hasil pertanian yang memadai di Kabupaten Pasangkayu.
“Hanya cara berfikir yang harus dirubah kalau ingin petani kita maju dan sejahtera,” terangnya.
Dijelaskan bahwa petani saat ini harusnya sudah bisa berinovasi tanpa harus mengharapkan bantuan dari pemerintah.

“Sudahlah kita bebani pemerintah kita dengan meminta bantuan, karena dengan bertani yang baik kita juga bisa berhasil,” tandasnya. (bm)

No comments: