4 October 2019

PT Awana Sentuh Masyarakat Sarudu dengan Bantuan Jamban


Pasangkayu, Sulbar - PT Awana Sawit Lestari menyalurkan bantuan jamban atau Water Closet (WC) kepada warga kurang mampu di Desa Sarudu, Jumat 4 Oktober 2019.

Penyaluran bantuan program (Bersih Lingkungan) ini, melibatkan pihak Puskesmas Sarudu. Serah terima dilakukan oleh Kepala Humas PT Awana Sawit Lestari Yudhy Gunawan Abdi, kepada Kepala Puskesmas Eko Jatmiko SKep dan dilanjutkan ke masyarakat.

"Melalui pemberian bantuan jamban ini, kami di perusahaan ingin membantu beban masyarakat utamanya yang masih kekurangan fasilitas jamban," ucapnya.

Menurut Yudhy, pemberian bantuan jamban ini sejalan dengan program bersih-bersih lingkungan yang sudah dijalankan pihak perusahaan sejak beroperasi di Sarudu.

"Kami berharap kehadiran perusahaan di Sarudu dengan adanya program kebersihan lingkungan bisa bermaanfaat untuk masyarakat sekitar," harapnya.


Sementara Kepala Puskesmas Sarudu, Eko Jatmiko SKep, menyebutkan bahwa di wilayah Sarudu baru sekitar 70 persen yang memiliki fasilitas jamban.
"Jadi ada sekitar 30 persen yang belum memiliki jamban. Hadirnya perusahaan ini tentu sangat membantu untuk masyarakat," katanya.

Dijelaskan bahwa walaupun pemberian bantuan ini bertahap, namun yang paling penting sudah ada progres untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan lingkungan.

"Yang dibagikan ini ada tiga, yakni di Dusun Pantalate,  Dusun Kuma, dan Tamalu, paling tidak ini sudah memberi solusi," jelasnya.

Menurutnya apa bila permasalahan jamban tidak ditangani tentunya banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan.

"Kalau orang buang air sembarangan biasa diare, teves dan penyakit lainnya. Dengan adanya bantuan ini, kami juga di Puskesmas merasa dibantu untuk mengatasi masalah kesehatan di Sarudu," pungkasnya.

No comments: