19 November 2019

Bentuk Protes, Warga Tikke Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan


Pasangkayu – Sejumlah pengguna jalan di wilayah Dusun Jono Desa Tikke, tiba-tiba dikagetkan dengan adanya pohon pisang ditanam di tengah jalan. Pemandangan ini, jadi perhatian warga, Rabu pagi (20/11/2019).

Keberadaan pohon pisang di tengah jalan ini, ditenggarai adalah bentuk protes terhadap pemerintah setempat yang tak kunjungan memperbaiki jalanan yang rusak. 

Aksi ini sempat jadi tontonan warga, bahkan langsung mencuri perhatian dengan berbagai komentar di Media Sosial (Medsos) setelah salah satu warga disana, ikut memspoting di akun facebook miliknya.

Salah seorang pengendara, Rizal (45) mengaku kaget dengan adanya pohon pisang setengah utuh hidup di tengah jalan. Padahal sebelumnya ketika melintas di wilayah itu, belum ada didapati pohon di jalan.

“Kami kaget tadi saat melintas, kok tiba-tiba ada pohon yang tumbuh di jalan,” katanya.

Rizal, menuturkan bahw kajadian ini juga pernah terjadi di kampung halamannya di Desa Sirenja Kabupaten Donggala. Ketika itu masyarakat berbondong-bondong menanam pohon sebagai bentuk protes ke pemerintah.

“Mungkin lebih baik ditanami pohon, dari pada jalanan dibiarkan rusak dan tidak ada tindakn perbaikan dari pemerintah,” ucapnya.

Syamsuddin Ramli (27), warga lainnya mengatakan bahwa kondisi jalan di Dusun Jono selama ini sangat memperihantinkan. Selain karena sudah banyak mengendera yang jatuh akibat jalan rusak, juga tidak nyaman bagi ana-anak sekolah yang melintas.

“Sebenarnya jalanan sudah pernah diperbaiki, tapi tidak lama rusak lagi,” sebutnya.

Kabarnya pohon yang ditanam di jalan, tidak hanya terjadi di Dusun Jono, tapi juga di Dusun Petilo dan Dusun Muara Tikke. Hinmgga berita ini ditanyangkan, pihak Kepala Dusun, maupun pemerintah Desa setempat belum bisa dikonfirmasi. 

No comments: