6 December 2018

Gaet Pemilih Pemula, KPU Laksanakan Kegiatan Kursus Kepemiluan

Pasangkayu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mencoba mendesain kegiatan yang dikhususkan kepada Pemilih Pemula lewat kegiatan Kursus Kepemiluan.

Kegiatan tersebut nantinya akan digelar di aula KPU Pasangkayu 8 Desember 2018 mendatang. Tujuan kegiatan itu adalah untuk menggiring sadar demokrasi sehingga tingkat partisifasi Pemilih Pemula bisa lebih besar.
Komisioner Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisifasi Masyarakat dan SDM KPU Pasangkayu, Heriansyah SKM, mengatakan saat ini KPU sudah membuka pendaftaran kursus kepemiluan.
"Kursus kepemiluan dibuka sejak tanggal 1 desember kemarin dan akan ditutup 6 desember. Pada tanggal 7 akan diumumkan peserta yang dinyatakan lolos persyaratan untuk mengikuti kursus kepemiluan 8 desember,” katanya.
Disampaikan bahwa kegiatan itu akan dihadirkan pembicara khusus dari Bawaslu dan dari KPU Provinsi. Hal yang dibahas dalam kursus ini adalah bagaimana meningkatkan partisifasi pemilih pemula
"Kegiatan ini juga untuk memberi kesempatan kepada pemilih pemula berkontribusi pada pemilu mendatang," terangnya.
Ditambahkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan itu nantinya akan mendapatkan berbagai macam materi terkait kepemiluan seperti sejarah pemilu di Indonesia, Pengenalan Lembaga Penyenggara Pemilu, Hukum dan Pengawasan Pemilu dan Reterasi.
"Peserta yang ingin mendaftar cukup membawa foto copy Ijazah, KTP, Pas Poto 3X4 dua lembar, surat pernyataan tidak pernah jadi pengurus Parpol dan mengisi formulir yang disiapkan panitia pelaksanaka kursus kepemiluan”, pungkasnya. (bm)

No comments: