18 July 2017

Pemuda Matra Ini, Wakili Sulteng Ikut ABN

SAHARUDDIN
PALU – Ditengah berlangsungnya pendidikan Akademi Bela Negara (ABN) yang selenggarakan oleh Partai Nasdem, di gedung ABN Nasdem Jakarta Jakarta Selatan, ternyata juga diikuti pemuda asal Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dia adalah Saharuddin SH.
Sayangnya, keikutsertaan Saharuddin pada kegiatan ABN yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo itu, tidak membawa nama nama Kabupaten Matra, melainkan membawa nama daerah Sulawesi Tengah. “Pada angkatan pertama ABN ini, tidak ada utusan dari Mamuju Utara. Hanya saya dari Mamuju Utara, tapi kali ini saya bawa nama daerah Sulawesi Tengah,” kata Sahruddin, mlalui via telpon kepada Berita Matra, 18 Juli 2017.
Saharuddin, adalah pemuda yang berdomisili di Dusun Baruga, Desa Bambaira, Kecamatan Bambaira. Dia adalah alumni disalah satu perguruan tinggi di Palu. Sahar, begitu akrab disapa juga pemuda yang peratama kali melaksanakan kegiatan reuni pertama di SMP Bambaira, bahkan SMP pertama yang melaksanakan reuni di Matra.
Menurut Sahar, dirinya datang ke Akademi Bela Negara (ABN) yang didirkan oleh Partai Nasdem, karena difasilitasi oleh DWP Nasdem Sulawesi Tengah. “Saya bersyukur bisa ikut dikegiatan ini, apa lagi yang pertama dari daerah saya, meski saya membawa nama daerah lain,” ucapnya.
Disampaikan bahwa masing-masing daerah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia memiliki utusan masing-masing ikut pendidikan di ABN itu. Misalnya, Sulbar yang hanya diikuti 5 orang utusan, yakni dari Mateng 1 orang, Polman 3 orang dan Kabupaten Majene 1 orang.

“Jadi utusan dari Matra sama sekali tidak ada. Ini mungkin bisa menjadi bahan informasi buat pemerintah kita di daerah, bahwa anak muda di Matra juga memiliki potensi, tapi tidak diberi ruang dalam menginplementasikan ilmu dan potensi demi kemajuan Matra ke depan,”  tambahnya. (A1/bm/gg)