9 August 2018

Pertahankan Budaya, Warga Pakawa Gelar Pesta Adat Powati

PASANGKAYU, Beritamatra – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya warga Desa Pakawa kembali menggelar “Pesta Adat Powati” yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu, Ds H Muhammad Saal, Kamis 9 Agustus 2018. 
Acara tahunan ini, merupakan adat istiadat yang turun temurun digelar sekali dalam setahunnya, khususnya masyarakat dari kalangan Suku Bunggu yang merupakan penduduk asli Desa Pakawa Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).
Maksud dan tujuan kegiatan ini dilaksanakan, adalah untuk mempererat hubungan silaturahmi antar sesame masayarakat Suku Bunggu dan masyarakat dari suku-suku lain. Disisi lain juga bertujuan untuk mempertahankan budaya.
Dalam sambutannya Wabup Pasangkayu, H Muhammad Saal, mengapresiasi atas terselenggaranya acara adat tersebut, sehingga diharapkan ke depannya kepedulian masyarakat suku bunggu dalam mempertahankan budaya bisa lebih ditingkatkan.
“Semua masyarakat Desa Pakawa harus ikut berpartisipasi dalam pesta adat ini karena seiring dengan perkembangan penduduk desa sudah mulai bercampur dengan suku-suku lain. Jika semua terlibat maka persatuan tetap selalu terjaga,” katanya.
Menurut Wabup keberagaman suku  yang ada di Kabupaten Pasangkayu merupakan modal besar bagi daerah ini, dalam menopan laju pembangunan yang ada di daerah sendiri. “Karena sudah terlihat walaupun kita berbeda tapi kita tetap saling terikat satu dengan yang lain,” terangnya.
Dalam Pesta Adat Powati, juga diwarnai dengan penampilan kreativitas seni, salah satunya menampilkan tarian Dero atau Ma'dero, yang diadopsi dari tarian yang di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. (BM)