24 September 2018

Pendaftaran CPNS, Puluhan Warga Pasangkayu Mulai Bermohon SKCK

Pasangkayu – Musim peneriman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, sejumlah warga Pasangkayu mulai ramai mendatangi Kantor Kepolisian Resort (Polres) Mamuju Utara, untuk keperluan mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisia (SKCK) sebagai persiapan berkas pendaftaran CPNS.
Berdasarkan pantaun di Polres Matra, Senin 24 September 2018, puluhan warga terlihat sibuk melakukan pengisian permohonan SKCK pada pusat pelayanan umum Polres Matra. “Saya lihat sudah ada sebagian yang melakukan pengurusan SKCK, kami tidak tahu apakah itu keperluan CPNS atau surat lamaran ke Perusahaan,” kata Kasat Intel Polres Matra, IPTU Rahmatullah, kepada wartawan.

Disampaikan bahwa dihari-hari pengumuman penerimaan CPNS sejauh ini pihak Polres Matra belum menerma surat secara resmi dari pemerintah dalam hal ini, Dinas Kepegawaian dan Pelatihan Daerah (BKKD) sebagai pemberitahuan untuk persyaratan CPNS.
 “Kami belum mengetahui persisi apakah SKCK ini masuk dalam persyaratan atau tidak. Dan meski belum ada pemberitahuan dari pemerintah, kami tetap melayani masyarakat yang ingi mendapatkan SKCK,” jelasnya.
Menurutnya beberapa hari terakhir Polres Matra biasa melayani hingga 50 orang pemohon SKCK dalam sehari. Pemandangan ini sedikit berbeda dari hari-hari biasanya. “Mungki itu adalah bagian dari anatisipasi mereka calon pendaftar CPNS sehingga pada saat waktunya tiba tidak lagi melakukan pengurusan karena memang masa berlakuknya bisa sampai enam bulan lamanya,” terangnya.
Disampaikan bahwa setiap warga yang ingin memohon SKCK baiknya melengkapi persyaratan umum seperti KTP, KK, Ijazah terakhir, pas foto dan surat pengantar dari Polsek setempat. “Surat pengantar ini berlaku untuk memberikan catatan kalau yang bersangkutan memiliki catatan hukum,” sebutnya.
IPTU, Rahmatullah menjamin bahwa SKCK bisa langsung diterbitkan oleh Polres Matra ketika pemohon sudah melengkapi berkas yang ditentukan. “Kami bisa kerja dan terbitkan dalam sehari ketika kelengkapan berkasnya sudah siap,” pungkasnya. (egi)