30 October 2018

Wajib Baca! Ini Sasaran Operasi Zebra di Pasangkayu


Pasangkayu - Operasi dengan sandi Zebra “Siamasei” di jajaran Polda Sulbar mulai digelar Selasa 30 Oktober 2018. Untuk di wilayah hukum Polres Matra sendiri, pengemudi di bawah umur masuk dalam sasaran yang harus ditindaki dalam operasi ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Matra AKBP Made Ary Pradana, SIK MH, terkait pelaksanaan Operasi Zebra di Kabupaten Pasangkayu.
“Zebra ini sasarannya umum tapi, menjadi atensi tersendiri di Kabupaten Pasangkayu adalah pengemudi belum cukup umur yang sudah menggunakan motor,” tegasnya kepada wartawan Selasa kemarin.
Sebagai Kapolres, Made Ary Pradana mendari bahwa di Kota Pasangkayu tidak memiliki sarana angkutan umum yang memadai seperti di kota-kota besar sehingga memungkinkan anak-anak menggunakan kendaraan meski belum cukup umur.
“Tapi sebaiknya jika boleh, kami minta kepada orang tua agar tidak memberikan keleluasaan kepada anaknya untuk membawa roda dua kalau belum cukup umur lebih baik kalau diantar jemput saja,” imbuhnya.
Menurutnya di Kabupaten Pasangkayu peningkatan korban kecelakaan lalu lintas tidak terlalu signifikan, tapi fatalitas lakalantas sendiri ini banyak luka berat dan sampai meninggal dunia.
“Fatalitas akibat kecelakaan yang kita antisipasi, karena berdasarkan amatan anak kecil reaksinya dalam kecelakaan sangat lambat, makanya anak di bawah umur akan kami pantau,” terangnya.
Pada kali ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara lain :
1.pengemudi menggunakan hand phone
2.pengemudi melawan arus
3.pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu
4.pengemudi di bawah umur
5.pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI
6.pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba,mabok dll
7.pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan

No comments: