21 February 2017

Ikut Lagi Turnamen di Palu, Pemerintah Harusnya Perhatikan Prestasi Olahraga

Inilah kondisi pembangunan stadion BulucindoPasangkayu, yang memperihatinkan. Masih jauh dari bayang-bayangan kapa bisa digunakan.   
KECAMATAN BARAS – Tim sepak bola Kecamatan Baras, Kabupaten Mamuju Utara, kembali mengikuti turnamen sepak bola di Palu Sulawesi Tengah, kali ini ikut berkompetisi di turnamen Raksatama Cup 2017. Sebelumnya, Peseba Baras gagal lolos ke babak 16 Aditama Cup, yang juga dilaksanakan di Palu beberapa waktu lalu.
Terkait pemberangkatan pemain-pemain Perseba Baras ke Palu, membawa nama Kabupaten Mamuju Utara, ternyata menggunakan dana pribadi atau tanpa bantuan dari pemerintah setempat.  “Kami ke Palu ikut sebuah turnamen murni karena keinginan anak-anak akan sebuah prestasi, dan kami berangkat dana sendiri secara patungan untuk ongkos pulang pergi,” kata Manager Perseba Baras, Ramli, kepada wartawan Berita Matra, Selasa 21 Februari 2017.
Meski management Perseba Baras, tidak mempersoalkan soal ada tidaknya bantuan dari pemerintah terkait pembinaan olahraga di Kabupaten Mamuju Utara. Hal ini jelas memuka mata kita, kalau pemangku kepentingan tidak membuka diri membantu kemajuan prestasi olahraga.
“Kami ditanya teman-teman di Palu, apakah kami datang ke Palu dibiayai oleh perusahaankarena ditahu banyak perusahaan sawit di Mamuju Utara  ataukah dibiayai oleh pemerintah. Kami terpaksa menjawab tidak, karema memang tidak ada,” ucapnya.
Jika begitu kenyataannya, pertanyaanya dimanakah, Pengurus Komiten Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mamuju Utara, selaku induk organisasi olahraga di daerah, yang mengurusi semua pembinaan olahraga.
“Kami ke palu karena kasian anak-anak mau bermain bola dipertandingan resmi, sayang kalau bakat anak-anak kita tidak salurkan,” kata pengurus Perseba Baras Edi Kurniawan.

Melihat kondisi ini, sebenarnya pemerintah harus memberikan dukungan materi dan moril, sebab nama nama Kabupaten Mamuju Utara, dipertaruhkan bersaing dengan klub-klub besar di Palu, dengan sebuah prestasi olahraga. (bm)