8 September 2018

Bupati Apresiasi Pelaksanaan Festival Kayumaloa


PASANGKAYU, Metrosulawesi – Bupati Pasangkayu, H Agus Ambo Djiwa, mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Pantai Kayumaloa, Desa Polewali Kecamatan Bambalamotu, Sabtu 8 September 2018.

Menurutnya festival yang baru pertama kali digelar di Kayumaloa itu, tentunya akan menjadi ajang promosi budaya dan wisata Pasangkayu. Sehingga diharapkan kepada instansi terkait agar festival tersebut, dimasukkan dalam kalender ajang tahunan.
“Ini harus diperhatikan, saya berharap pelaksanaan berikutnya bisa lebih meriah lagi,” katanya saat membuka secara resmi Festival Kayumaloa.
Olehnya itu, kata bupati, partisipasi disemua sektor amat dibutuhkan sehingga sinergitas antara Pemkab dan Pemerintah Desa untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan semacam itu dapat lebih digairahkan lagi.
“Pemerintah desa dan pemkab kita harapkan terus menjalin komunikasi yang baik, karena kita tahu kegiatan festival ini tentunya apat mendongkrak peningkatan ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.
Disisi lain, kedatangan bupati diacara tersebut, juga dibuat meriah dengan adanya penyambutan Rebana (musik tradisional asli mandar) dan Sayyang Pattu’du’ (kuda menari) yang sering dilakukan ketika acara besar di tanah malaqbi Provinsi Sulbar.
Dalam fetival ini, juga diselenggarakan Lomba Gerobak Sapi (Gerobak Race) danlomba perahu Katinting (Katinting Race). Tidak main-main panitia menyiapkan total Rp. 31 juta.
“Total peserta yang terdaftar yakni untuk Gerobak Race sebanyak 35 orang dan Katinting Race sebanyak 27 orang,” kata salah seorang panitia. (b1).