25 November 2018

Korban Banjir Karya Bersama Sudah Setahun Terserang Penyakit Gatal-gatal

PASANGKAYU - Musibah Banjir yang melanda di Dusun Sinar Wajo dan Marambeau Desa Karya Bersama Kecamatan Pasangkayu benar-benar memprihantikan. Pasalnya bukan terjadi sekali ini, bahkan sudah dua tahun terakhir.

Kondisi tersebut kembali mencuak di permukaan setelah genangan banjir kembali terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Parahnya puluhan warga mulai terserang penyakit sehingga membutuhkan penangan serius dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasangkayu.
Salah seorang warga Dusun Sinar Wajo, Ramang mengaku bahwa sejak musibah banjir terjadi akibat luapar air sungai ia sudah terserang penyakit gatal-gatal.
"Saya sudah setahun gatal-gatal mungkin ini penyebabnya dari air," akunya kepada wartawan, Sabtu 24 November 2018.
Ramang menyebutkan bahwa pihak kesehatan sama sekali belum pernah melakukan pemeriksaan di Sinar Wajo karena karena akses jalan tertutu dengan genangan air.
"Untuk di sini (Sinar Wajo) kami belum pernah dikunjungi dari kesehatan, kami hanya melakukan pemeriksaan di luar Dusun Marambeau itupun sudah lama," katanya terus terang.
Menurutnta, ketika tidak terjadi banjir penghasilan pertanian cukup bagus sehingga daerah itu tidak ditinggalkan. Disisi lain ketika ditinggalkan juga tidak tahu akan kemana karena sumber penghasil hanya ada di daerah itu.

"Saya masih bertahan karena lahan kebun kami hanya disini yang kami harapkan kalau banjir sudah tidak terjadi lagi," pungkasnya. (bm)

No comments: